Pengertian Manjemen Informatika
Manajemen Informatika adalah seni mengarahkan
orang lain untuk mencapai tujuan utama dalam suatu organisasi melalui proses
perencanaan, pengorganisasian, dan mengelola sumber daya manusia dengan cara
efektif dan efisien melalui penerapan data informasi dengan system komputerisasi.
Mengapa Manajemen Informatika sangat dibutuhkan?
Kebutuhan akan data dan media informasi semakin penting
dikarenakan berbagai hal antara lain sebagai berikut:
- Meningkatnya kompleksitas tugas manajemen yang harus segera diselesaikan. Peningkatan tersebut disebabkan oleh adanya pengaruh ekonomi seperti fluktuasi mata uang, inflasi yang berlangsung cepat hingga kebijakan moneter dari pemerintah.
- Perkembangan teknologi yang semakin pesat. Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi telah menguasai dunia dan tidak bisa dihentikan perkembangannya. Kemampuan mengirimkan data informasi melalui satelit dalam hitungan detik dengan internet dan segala kecanggihan teknologi membuat segala kebutuhan manajemen semakin baik dan terpenuhi.
- Waktu yang dibutuhkan semakin singkat untuk mengambil keputusan. Seorang manajer dituntut untuk mengambil keputusan dalam waktu singkat dan disamping itu kebutuhan persaingan usaha yang semakin ketat pula.
- Keinginan memecahkan permasalahan dengan lebih Akurat dan cepat. Tugas para manajer yang semakin kompleks membuat mereka selalu tertantang untuk menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang lebih cepat dan lebih baik. Hal ini akan membuat tercukupinya efektifitas dan efisiensi dalam menjalankan pekerjaan dalam sebuah perusahaan.
Contoh sederhana penerapan Manajemen Informatika
Penerapan sistem manajemen informatika sangat berperan penting dan
memberikan kemudahan dalam menunjang kegiatan usaha contohnya adalah sebagai
berikut:
- Sebuah Bank dengan sistem informasi komputerisasi dan jaringan dimana transaksi bisa dilaksankan dimanapun saja, misalnya melalui mesin ATM nasabah bisa melakukan transfer, menarik uang maupun menyimpan uang di Bank.
- Transaksi penjualan toko online, dimana penjual dan pembeli tidak perlu bertatap muka baik dari sisi pemesanan barang, pembayaran hingga delivery barang.
- Seorang kepala produksi dari suatu perusahaan, merencanakan untuk mengeksport bahan baku, dia membutuhkan suatu sitem manajemen informatika melalui Personal Digital Assistan. Alat ini akan membantu manajer ini untuk mengetahui jalannya produksi ketika dia sedang melakukan kunjungan ke luar negeri.
ATIKEL LAINNYA :
1.Peranan Manajemen dalam Penerapan Manajemen Informatika
Manajemen sangat penting untuk merencanakan segala hal dalam
sebuah bisnis, mengorganisasikan, menyusun kegiatan dan mengelola sumberdaya
dalam satu arahan seorang manajer. Agar manajer ini memiliki efisiensi dan
tingkat efektifitas yang memadai maka digunakanlah manajemen informatika.
Terdapat tiga bagian yang sangat berperan penting dalam sebuah
perencanaan eksekusi bisnis menggunakan manajemen informatika antara
lain:
- Perencanaan strategis yang diisi oleh para direktur dan wakil direktur yang akan bertanggung jawab untuk mengambil sebuah keputusan.
- Pengendalian manajemen yang diisi oleh para manajer dan kepala divisi yang bertugas untuk melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya tujuan.
- Pengendalian operasional seperti para supervisor dan pimpinan proyek yang akan menyelesaikan operasional tugas perusahaan di lapangan.
Pihak manajemen yang memegang kendali terhadap manajemen
informatika harus memiliki keahilan dalam berkomunikasi, mengirim dan menerima
informasi, membuat laporan dan mengerti dalam aplikasi penggunaan teknologi informatika.
Informasi
yang didapat melalui teknologi informasi ini akan sangat
membantu dalam melakukan perhitungan harga pokok jasa atau produk,
analisa penerapan strategi pemasaran, Penerapan Fungsi Manajemen
Keuangan, data keuangan dan analisa keuangan, menyediakan informasi
untuk perencanaan, pengendalian, evaluasi
dan perbaikan kelanjutan serta referensi dalam pengambilan keputusan dan
tujuan
lain dari manajemen perusahaan.
Pihak manajmen yang bertangung
jawab penuh terhadap
manajemen
informatika perusahaan harus menggunakan teknologi secara efektif dan
tepat
guna. Maka dari itu diperlukan penataan informasi melalui teknologi
dengan cara
menyusun sumber daya yang ada dengan sebaik mungkin, memaksimalkan
sumber daya dan memperbaharui sumber daya yang dimiliki seiring dengan
perkembangan
zaman.
Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat menutut para manajemen dan pemegang kebijakan
perusahaan harus terus mengikuti kemajuan teknologi. Hal ini akan sangat
mendukung kemudahan dan dapat bersaing di era digital dan globalisasi dalam
penggunaan teknologi dan informatika.
0 komentar:
Posting Komentar